Pijat Hari Baik dari Madura

20.59

Ceritanya pagi ini lagi enak-enak di kamar, duduk manis depan lepi sambil dengerin lagu-lagu favorit, tiba-tiba kosan rame. Heboh. Ricuh!

Ternyata salah satu temen satu kos, ada yang kena musibah. Ditabrak orang dari belakang, jatuh, yang nabrak kabur! Hashhh... bikin darah tinggi deh. Kalau ketemu sama orangnya, rasanya pengen nusuk-nusuk pake tusuk gigi sama botakin diaa!

Ceritanya, si temen satu kosku ini, sebut saja tulip (nyari nama yang agak beda aja. biasanya kan bunga, mawar, melati, semuanya indah... *loh ) sedang jalan kaki. Enggak taunya tiba-tiba ditabrak orang bermotor dari belakang. Penabrak tak -seakan- berdosa itu kabur begitu saja. Enggak mau tau keadaan Tulip yang udah ditabrak ampe jatuh gak karuan. Buku-buku si Tulip bertebaran. Flashdisk gemelontangan. Dan  sepatu si penabrak lepas. Serius lepas loh!

Untungnya jarak TKP (Tempat Kejadian Penabrakan) dengan kosan engga begitu jauh. Tulip nyampe kosan dengan selamat meski sempoyongan.

Singkatnya, karena badan Tulip kesakitan gak karuan, dipanggillah tukang pijet.
Dan ternyataaa.... pijet juga ada hari yang dianggep baik dan kurang baik segala. Aku baru tau loh!
Hari ini, kebetulan hari selasa, dianggap kurang baik. Ini salah satu mitos yang dipercaya oleh -beberapa- tukang pijet di Madura. Dan menurut info salah satu teman, ternyata di jawa juga ada mitos serupa. Tapi kalo menurut temenku ini, kalo di Jawa, hari yang dianggap baik untuk pijat itu kalau hari Legi (menurut kalender jawa). Menarik! Aku baru tau ada beginian...

Antara kurang percaya, dan bingung, aku bertanya-tanya sendiri. Nah.. orang sakit kan enggak kenal hari. Entah itu hari baik atau hari kurang baik. Hari Selasa, Sabtu, atau Legi, kliwon, pon, siapa yang tau bakalan sakit atau kena musibah?

Spontan, hal menarik ini (menurutku), aku twitkan. Dari sini kemudian ada salah seorang pengguna twitter, yang menamakan dirinya @orang_madura, nanggepin twitku tersebut. Kumintalah dia untuk bercerita dengan ikhlas.... :D



Jadi ternyata emang beneran ada ya mitos semacam itu?!



Nah.. cukup menarik sih!

Terlepas dari entah benar atau engganya, cuma di Indonesia nih, kayaknya, yang ada mitos semacam gini...
Dan tentunya karena Tulip kesakitan, jadi tetep aja minta pijit. Syukur ada tukang pijit yang bersediaa :))
*pfftt leganya*

You Might Also Like

3 comments

  1. mau jadi orang madura yah :D

    BalasHapus
  2. Semuanya itu akan terjadi kalau kita sangat dan amat mempercayainya, lain halnya kalau kita tidak percaya samasekali. :)

    BalasHapus
  3. fazza_ hahahaa... belajar kebudayaan orang itu seru juga loh ^^

    slamet_ ehhmm, istilahnya sugesti diri gitu yaa??

    BalasHapus