kopdar 1000 blogger nusantara | blogger gila dan luar biasa

20.43

Yakk.. 28 oktober, siapa sih yang gak tau kalo itu hari sumpah pemuda?
Tetapi tanggal 28 oktober kali ini ternyata gak cuma hari sumpah pemuda. Karena hari ini juga hari pertama kopdar 1000 blogger nusantara! *heboh tepuk tangan*

Sekitar jam 6 pagi, pasukan plat-m sudah berkumpul di depan kampus Univ. Trunojoyo Madura untuk bersiap berangkat ke Sidoarjo, lokasi diadakannya Kopdar blogger nusantara yang akan diadakan selama 3hari (28-30 oktober 2011). Jadi pagi-pagi bener harus bangun dan siap-siap berangkat kalo gak mau ditinggal rombongan. Melawan rasa kantuk karena cuma tidur 3jam dan dinginnya subuh.

Ternyata memberangkatkan serentak 52 orang yang semuanya naik motor itu gak mudah. Selama perjalanan banyak yang "tercecer", "hilang", dan "ketinggalan". Jadi terpaksa sebentar-sebentar harus berhenti untuk kembali menggenapkan rombongan. Namun semuanya jadi menyenangkan karena semuanya dilakukan bareng-bareng, rame-rame.

Hari pertama kopdar blogger nusantara, hadir bapak wakil bupati Sidoarjo untuk membuka acara. Kemudian ada penampilan UKM Teater Nanggala dari Univ. Trunojoyo menghibur peserta kopdar blogger. Mulai masuk ke materi, ada pembicara dari Penn Olson Singapura. Sayangnya pembicara yang ganteng ini tidak bisa berbicara bahasa indonesia, jadi materi disampaikan dengan bahasa inggris yang kemudian ditranslate ke bahasa indonesia oleh translator menjadi kurang menarik meski sebenarnya materi yang disampaikan cukup bagus.

Williswee (kiri), pendiri penn olson bersama moderator

Kemudian ada Ivan Budianto, pembicara dari blibli.com dan yansen kamto mengenai Industri Digital yang selalu heboh minta difollow twitternya. :p

Sekitar pukul 5 sore, acara hari pertama kopdar 1000 blogger nusantara, yang dihadiri 1200 blogger seindonesia, diselenggarakan di Convention Hall Sun City Mall, Sidoarjo usai. Peserta yang kebanyakan berasal dari luar Sidoarjo ini dibimbing menuju Penginapan. Awalnya peserta mengira penginapan yang dimaksud adalah hotel atau semacamnya. Ternyata sungguh diluar perkiraan. Camp yang dimaksud adalah lapangan Tennis Indoor yang berada di GOR Sidoarjo! Wow!!!

Berasa kayak di pengungsian yaa?!? :D

Ide gila panitia adalah menciptakan suasana kayak di pengungsian. Kasur dan bantal ditata memenuhi ruangan, kamar mandi dibangun seadanya saja di samping camp. Setiap mau menggunakan kamar mandi harus berjuang melawan antrian dan minimnya air. Meski begitu, rupanya hampir semua orang menikmatinya. Karena dengan begitu panitia dan peserta melebur jadi satu, berkumpul semua blogger se-nusantara. Rasanya yang dari Madura, Jogja, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, NTT, Maluku semua jadi satu keluarga besar. Senangnyaaa :))

Hari kedua, ada pembukaan dari sanggar tari Maduraras yang membawakan tari tatak. Eh, setelah itu ada mbak valencia atau kalo ditwitter lebih eksis dengan nama @Justsilly dari blod4life. Beliau bercerita tentang awal idenya membentuk blood 4 life yang kemudian bisa membantu hidup banyak orang dengan kantong-kantong darahnya. Cerita-cerita yang disampaikan ternyata mampu menginspirasi seluruh blogger yang ada di convention hall sun city mall, sidoarjo. Bahkan setelah itu, teman-teman plat-m langsung berbondong-bondong mendonorkan darahnya. Saya sendiri mah, gak berani. Ada sedikit trauma jarum suntik dan ngeri liat darah yang keluar dari tubuh. :(

Usai mbak justsilly, ada pembicara dari Suara Komunitas, Radio komunitas dan start up. Kesemuanya dimoderatori sama mas anjari. Eksis bener mas yang satu inii :D
Setelah Ishoma, ada penampilan lagi dari sanggar tari maduraras dengan tarian yang berbeda dengan sebelumnya. Dan yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga. Inilah saatnya pembicara dari google, Vinny! *tepok tangan*
Namun, lagi-lagi pembicara menggunakan bahasa inggris dan jasa moderator yang sekaligus bertugas sebagai translator bagi yang kurang memahami bahasa inggris, sperti saya. Meski begitu saya mendengarkan materi dengan baik dan serius sampai terkantuk-kantuk ^^
Ada materi yang disampaikan juga oleh para seleb blogger mengenai dunia blog. kerennn!

Namanya kopdar, jadi acaranya juga kopdar alias kopi darat! Ketemu sama temen-temen blogger dari daerah lain yang jarang ketemu atau lama gak ketemu sampai ketemu sama orang-orang baru dan dapet kawna baru. Seru dan semuanya baikkkk :))

Selama 2 malam menginap di camp, ada acara yang namanya mimbar bebas yang benar-benar bebas. Maksudnya peserta bebas mengikuti mimbar. Bebas mengikuti mimbar dengan celana pendek, atau sarung sekalipun. Bebas bertanya dan berdiskusi. Bebas sambil makan, bebas mendengarkan sambil tiduran sampai ada yang beneran tidur. :D
pak donnybu "diculik" plat-m untuk sharing ^^

Esoknya, hari minggu, hari terakhir kopdar blogger nusantara, seluruh blogger yang memenuhi convention hall Sun City Mall, Sidoarjo diajak untuk mengumandangkan "Sumpah Blogger". Suasana begitu hikmad hingga membuat merinding. Terharu sama tekad dan kekompakan semuanya.


Eh iya, sebelumnya ada penampilan dari musik patrol Surabaya yang berkolaborasi dengan seleb yang paling tenar... ^^

Usai acara, rombongan plat-m segera kembali ke Madura mengingat banyak tanggungan dan tugas yang sudah menanti dengan senang hati. Eh, lahkok ada kejadian memalukan terjadi...

Jadi ceritanya setelah nyampe Madura, Jullev katanya mau nraktir aku, didin, fazza, ani, dan fandi di mie ayam ceker depan kantor kecamatan kamal. Perjalanan menuju TKP, aku yang dibonceng sama didin berhenti di SPBU untuk isi bensin. Setelah isi bensin, tanpa menoleh kebelakang, si didin yang berperan sebagai supir langsung tancap gas dan menjalankan motornya. Dibelakang, aku berteriak-teriak memanggil-manggil dia. Tapi ternyata teriakanku kurang kenceng sehingga tak bisa menembus suara musik yang dia putar memalui headphone nya :(

Dia melaju begitu saja ke warung mie ayam meninggalkan aku yang terbengong-bengong di belakang sambil tetap berteriak memanggil namanya. Sesaat setelah sadar bahwa dia tak mungkin mendengarku, aku berhenti berteriak dan melihat sekeliling. Ternyata semua orang sedang menyaksikan adegan ini bagaikan menyaksikan adegan sinetron! Hanya melihat! Tak ada yang bergeming untuk membantu atau melakukan apapunn!!! Omaigat!

Rasanya malu bercampur jengkel. Jengkel karna ditinggalin begitu saja, dan jengkel karena hanya jadi tontonan umum!

Tak begitu lama, aku kemudian berhasil mengacuhkan pandangan mereka semua. Aku coba menghubungi didin, si supir nista yang "tega" meninggalkan penumpangnya di belakang begitu saja. Namun tak ada jawaban! *mulai panik
Kucoba hubungi fazza! Aku berharap dia ngasih tau didin untuk kembali ke SPBU dan menjemputku! Harapanku ada di dia!

Beberapa lama bagai orang bego di depan SPBU Kamal, berharap ada yang menolong, didin akhirnya datang juga! Muncul dengan ketawa nista bak setan, tanpa merasa berdosa sudah menelantarkanku! :((

Ternyata dia gak sadar sudah meninggalkanku begitu saja. Disangkanya aku sudah duduk manis di boncengannya. Baru setelah nyampe di warung mie ayam ceker, dia sadar kalo aku tak bersamanya lagi. Tragisnya, itu pun karna ditegur fazza "Loh, ria kamu buang dimana?"! Ya ampyunnn...

Usut-diusut, didin bilang katanya mbonceng aku itu gaada bedanya kayak gak mbonceng apapun! Gaada bedanya! Tuhaannn... se"ringan" itu kah aku??
Selesai menghabiskan semangkuk mie ayam yang lezat, bapak penjual mie ayam sempat bilang "awas mbak ntar ditinggalin lagi loh". Ooohhh... betapa malunyaaa *ngumpet*

Yasudlah! Anggap aja ini masuk ke rangkaian kenang-kenangan Kopdar Blogger Nusantara :D
Semoga taun depan bisa ikut kopdar blogger nusantara lagi dan tak lagi ada adegan sinetron yang memalukan seperti ini lagi :p

You Might Also Like

2 comments

  1. hohohohoho...
    asyiknya..
    tapi kasian jadi orang ilang :D

    BalasHapus
  2. dan kamu malah asik ngetawain akuu?? :((

    BalasHapus