[Mencoba] Membiasakan Bayi Biar Nggak Begadang

11.46




Hi love, Gimana rasanya hidup di dunia? Ini loh dunia yang bikin kamu nggak sabar buru-buru pengen segera keluar dari perut buna kemarin. Enak ya sering digendong dipeluk? Dulu cuma buna yang bisa gendong kamu wira-wiri. Sekarang ada Buya, Ibu, Mbahbuk, Amma, Onti, Tante dan yang lain. Banyakk bangett ih yang suka gendongin kamu. Terima kasih ya sudah berjuang bersama buna selama ini. Dari kamu mulai terdeteksi ada di perut buna, buna udah langsung sayang sama kamu. Terima kasih juga sudah begitu baik sama buna. Nggak riwil dan bikin buna ngidam yang aneh-aneh. Nggak bikin buna mual muntah yang gimana-gimana. Masa kehamilan buna overall benar-benar baik dan lancar berkat kamu. Hamil ternyata memang benar-benar menyenangkan 💕 Pas kamu udah lahir sampai hari ini pun, kamu begitu baik dan pengertian sama buna. Kamu paham banget deh kalau buna males begadang-begadang, jadi selalu tidur nyenyak kalau malam. Terus baik, pengertian, perhatian dan mau berjuang bareng buna selalu yaaaa! Nanti kalau kamu udah agak gedean dikit, dikiitt ajaa, buna (insyaallah) segera kasih kamu hadiah adik kecil yang menggemaskan. Mau cewek atau cowok? Xoxoxo.
A post shared by niyasyah (@niyasyah) on


Semenjak lulus kuliah S1 dan mulai masuk dunia kerja tahun 2013 lalu, aku udah mulai jarang begadang. Ke sini-sini, makin hampir nggak pernah begadang lagi. Lupa deh kapan terakhir kali begadang. Padahal dulu waktu masih masa kuliah, hampir tiap hari begadang mulu. Biasanya bukan karena ngerjain tugas kuliah, tapi karena urusan organisasi, nongkrong sama teman-teman atau sekadar nonton-nonton drama di kos. LOL.

Lalu waktu sodara sama temen-temen dekatku satu per satu punya bayi, mereka sering cerita kalo sering begadang karena bayinya belum mau bobok. Atau kadang, si bayi udah tidur lalu sekitar jam 11 malam bangun dan nggak mau tidur lagi sampai menjelang subuh. Waduh. Banyak nggak sih yang kayak gitu itu? Denger cerita kayak gitu, ngebayanginnya aja udah berasa serem duluan di aku. Aku yang nggak pakai begadang aja di kantor masih sering ngantuk-ngantuk, apalagi kalau pakai begadang tiap malam? huhuhuhu.

*****
Secara nggak sengaja, lupa juga pernah baca dari mana, katanya sugesti positif dari orang tua itu bisa ngaruh banget ke bayi (yang keliatannya belum ngerti apa-apa padahal sebenarnya ngerti) ya? Gitu itu termasuk teknik hypnoparenting ya kalo nggak salah? Aku kurang paham betul sih. CMIIW ya. Tapi ini yang coba aku terapin ke bayiku.

Sejak dia masih di dalam kandungan, masa-masa trimester tiga di mana dia udah aktif gerak kesana-kemari, terutama waktu malam hari, aku udah mulai kasih sugesti ke si bayik dan ngatur jam tidurnya. Biasanya saat mau tidur, aku sama suami ajakin dia ngobrol dulu. Kadang suami aku suruh dongengin cerita nabi-nabi. Iya, beneran yang cerita nabi-nabi. Wkwkwkwk.
Lalu kalau aku udah mulai ngantuk, aku bilang ke si bayi di perut, kalo ini udah malem, udah waktunya bobok, nanti subuh bangun lagi, sholat kemudian aktivitas lagi. Kemudian aku ajakin baca doa-doa sebelum tidur. Itu aku jadiin rutinitas dan aku ulang-ulang terus tiap malam. Kecuali kalo udah kecapekan dan ngantuk banget, biasanya aku persingkat langsung ajakin baca doa. Subuhnya aku elus-elus perut sambil panggil-panggil dia, kubangunin, (seolah-olah) kuajakin sholat subuh bareng. Niatku selain ngebiasain dia biar nggak begadang dan nggak bangun kesiangan, aku juga ingin mastiin kalo dia baik-baik aja di dalam sana. Naudzubillah, kan nggak pengen ya kalo selagi aku tidur nyenyak semalaman tiba-tiba paginya ternyata dia udah nggak gerak lagi gitu >.<

Nah, aku nggak ngerti yaa... trik itu beneran ngaruh apa nggak, tapi sejak masih hamil (yang kalo denger cerita orang-orang katanya mereka sering begadang karena ini itu), aku justru malah ngebo banget loh tidurnya. Bayi pun nggak yang ngajakin begadang gitu. Palingan kadang-kadang dia tiba-tiba berasa aktif pas tengah malem, tapi nggak lama kemudian udah bisa diajak bobok syantik lagi.

Kebiasaan itu terus berlanjut sampai si bayi udah lahir dan sekarang udah mau genap usia 5 bulan. Mudah-mudahan seterusnya nanti dia nggak hobi begadang sih. Ini jam setengah 8 jam 8 malam, paling mentok jam 9 malam, dia udah bobok. Nyenyak. Kadang sekitar jam 7an malah, dia udah minta tidur. Bangun-bangun tengah malam, minta gantiin diapers atau minta nenen, abis itu udah, bobok lagi. Nggak enaknya, karena seharian emaknya ini ninggalin dia buat kerja, jadi waktu bareng sama dianya jadi makin terbatas banget bangettt.

Sesekali waktu memang pernah ada masanya di mana dia (kayaknya) ingin tidur agak maleman. Nah, kalo kayak gini biasanya aku perhatiin lagi. Kalo sampai jam 8 malem dia belum ada tanda-tanda ngantuk, padahal udah kenyang, maka ilmu ke-sotoy-anku akan kukeluarkan. Nggak tau benar apa nggak, aku artikan, dia belum mau tidur dan masih ingin main bareng sama orang tuanya.

Jadi yaudah, kalau kayak gitu biasanya aku sama suami ajakin dia main bareng sampe dia capek. Gapapa gausah maksain dia tidur dulu. Daripada senewen sendiri karena dia belum mau tidur kan? Kalau dia diajakin main kan dia jadi seneng ya. Dia tidur pun dalam keadaan suasana hati senang, bukan ngerasa kepaksa. Ntar nggak berasa tau-tau dia ngerasa capek dan mulai ngantuk sendiri. Nah kalau udah di tahap itu, aku biasanya gendong dia, nenenin sambil bilangin kalo udah waktunya bobok biar besok subuh nggak bangun kesiangan, ngajakin dia baca doa-doa mau tidur, lalu udah. Nggak lama kemudian, alhamdulillah, dia pasti tidur pulas. Emaknya pun bahagia bisa ikutan bobok dengan tenang abis itu.
*****
Terlepas dari itu semua, aku nggak bermaksud mau jumawa atau apa sih. Cara yang aku lakuin belum tentu bener. Belum tentu ngaruh juga. Siapa tau ternyata dia nggak biasa begadang bukan karena cara itu tapi karena hal lain? Kan aku juga gatau ya. Waallahua'lam. Yang pasti semuanya karena kasih sayang Allah yang Maha Pemurah pada hambanya ini yang udah males begadang-begadang lagi :)

Disclaimer: Ini kutulis di sini buat dokumentasi aja. Setiap orang punya cara berbeda-beda. Kalau mau ikut caraku, ya monggo aja sih. Tapi jangan lupa berdoa ya :))

You Might Also Like

0 comments