Blogilicious De Surabaya | memasak blog yang lezat

02.01

Blogilicious? apakah ini gabungan dari kata blog dan delicious? Blog yang lezat gitu artinya? atau apa sih? hemm... Singkatan kata yang aneh! hahaaa... tapi itu menurut saya. ^^
Jujur saja, kemampuan bahasa inggris saya sangatlah buruk (sst.. ini rahasia :p). 
Jadi saya akhirnya mengartikan kata Blogilicious itu sesuka hati saya. Tapi ternyata kata ini membuat saya sedikit berpikir, apa arti sebenarnya. Apa maksudnya ini adalah cara lezat menikmati blog? Hah menikmati blog? hee.. ini apaan sih?? bagaimana mungkin blog bisa jadi terasa nikmat? kan blog bukan sesuatu yang bisa dimakan??

seperti ini kah blog yang lezat itu?
Awalnya, saya mendapat info acara Blogilicious De Surabaya ini dari milis plat-m. Ada salah satu email dari mas Nopy (Blogger TPC) yang ngasih tau dan mengundang anak-anak plat-m untuk ikut serta meramaikan acara seminar blog tersebut. Karena penasaran apa maksud dan isi seminar ini, maka saya langsung saja mendaftarkan diri untuk turut serta menggenapi undangan untuk plat-m yang terbatas hanya untuk 20 orang. Waah.. saya tentu saja tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ikut seminar gratisan macam ini. Apalagi ini seminar blog! Saya kan blogger newbi, jadi perlu mendapat asupan gizi agar bisa jadi blogger handal :)


14 Mei 2011, Hari Pertama menikmati blog :)


Inilah hari yang ditunggu-tunggu. Hari dimana pertanyaan-pertanyaan saya mengenai blog yang lezat akan mulai terjawab. Saya bersama teman-teman plat-m berangkat menuju surabaya dengan penuh semangat 45. Setelah melewati berbagai rintangan dan dengan sekuat tenaga, akhirnya rombongan tiba di UPN Surabaya, lokasi dimana acara blogilicious digelar. Kami mengira kami akan terlambat sampai di lokasi, dan kami berpikir saat kami datang, acara sudah dimulai. Tapi ternyata, kenyataan berkata lain. Saat kami tiba, ternyata acara belum dimulai, padahal kalau menurut jadwal yang kami terima seharusnya acara sudah dimulai. Dalam kasus seperti ini, dalam hati saya merasa beruntung karena telah menjadi warga negara Indonesia. Saya, teman-teman plat-m, dan panitia acara telah menjadi warga negara Indonesia yang baik, yang patuh dan mengikuti budaya Indonesia hingga saat ini. Budaya Jam Karet!!! (miris atau bangga?)


Baguslah akhirnya acara segera dimulai. Layaknya seminar pada umumya, acara dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan, kemudian bersama-sama menyanyikan lagu indonesia raya, dan yang sangat menyenangkan (bagi saya) ada penampilan tarian daerah dari salah satu UKM di UPN.


tarian yang entah apa namanya :p

Setelah para penari yang menghibur peserta dengan lincahnya ini turun panggung, itu artinya mulai masuk ke sesi materi. Materi yang pertama, tentang Tips Blogging dari pak Amril Taufik Gobel. Materi dibawakan dengan begitu santai. Ilmu yang disampaikan pun dengan mudahnya dapat diserap oleh para hadirin yang memadati salah satu ruang di UPN ini. Intinya sih, tips agar bisa menjadi blogger yang profesional dan eksis. hahaaa... :D

Eitss, sang moderator ternyata tak mau kalah eksis dari pemateri. Pak eko eshape memandu acara dengan begitu riang. Berkali-kali banyolannya berhasil membuat tertawa seluruh peserta yang hadir.
Materi pun berlanjut. Selanjutnya tentang Etika ngeblog yang dibawakan oleh ibu Ajeng. Jadi ternyata, ngeblog juga ada norma yang harus diikuti agar blog dianggap layak dan tidak dianggap "penjahat" oleh mesin pencari. Tapi rasanya sedikit merepotkan jika ngeblog hanya bisa dilakukan saat online menggunakan PC, atau laptop. Sedangkan terkadang ide untuk menulis bisa muncul secara tiba-tiba dimana saja. Karena itu mas Setyo Budianto hadir di sesi ketiga untuk mengajak peserta bersama-sama untuk ngeblog dengan cara baru, yaitu mobile blogging. Jadi tak perlu lagi menunggu online dengan PC atau semacamnya untuk menyampaikan yang kita pikirkan melalui media blog. Tak perlu takut lagi ide menguap begitu saja.
Agar materi demi materi yang disampaikan bisa dicerna dengan baik oleh para blogger yang hadir, maka panitia memberikan waktu sejenak untuk ishoma (istirahat, sholat, dan makan) sambil diiringi lantunan lagu dari suara merdu salah satu mahasiswi UPN. Mahasiswi cantik yang punya suara emas...



Materi yang berikutnya tak kalah menarik dari yang sebelumnya. Yaitu tentang Social Media yang disampaikan oleh tante alderina yang cantik. Jadi intinya bagaimana memanfaatkan socmed untuk memuaskan pelanggan (bagi mereka yang punya usaha) dan trend di social media. Selesai mbak alderina, giliran mas nopy yang menyampaikan materi tentang blog preneur. Yaitu bagaimana memanfaatkan blog untuk bisnis dan menghasilkan uang. Rupanya mas nopy sang beruang, (maksutnya, sang blogger yang punya banyak uang dari blog) ini menyampaikan materi dengan banyak guyonan khas dia. Perut saya sampai sakit gara-gara beliau :D

Setelah mas nopy kehabisan waktu untuk melawak di depan, akhirnya giliran mas kukuh dan mas steven dari IBN (IdBlog Network) yang didampingi oleh seorang cewek (maap mbak lupa namanya :p) yang juga rekan kerja dari IBN mempresentasikan tentang IBN. Jadi seperti pengenalan kepada peserta yang kebanyakan belum menjadi anggota IBN tentang apa itu IBN dan bagaimana cara bergabung dengan IBN.

Dan ternyata, itulah akhir dari hari pertama seminar blogilicious. Dari sini saya akhirnya mulai sedikit mengerti dengan blog lezat yang dimaksudkan. Begitu lezat dengan penyampaian yang ringan dan lezat pula.


15 Mei 2011, Hari Kedua, mulai memasak blog lezat

Saya sempat ragu untuk hadir di hari kedua. Karena hari itu sebenarnya saya juga ada acara kopdar dengan teman-teman twitter gresik. Saya sempat meyakinkan diri untuk rela meninggalkan acara, dan hadir kopdar. Tapi ternyata, setengah hati yang lain terasa berat dan tak mengizinkan saya menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar melezatkan blog. Setelah berpikir penuh dan menimbang-nimbang (berat yang kanan atau kiri?), akhirnya saya putuskan mengikuti hari kedua seminar, sambil mencoba melegakan diri untuk rela tidak hadir kopdar. (hiks... maaf ya teman-teman twitter gresik ^^ )


Hari kedua, berbeda dengan hari sebelumnya. Materi hari ini sedikit lebih berat dan berhasil membuat kening saya berkerut beberapa kali. (mikir rekkk!) Materi tentang Themes Design membuat otak saya bekerja sedikit keras. Mas Zulkarnaen membuat saya mencoba mencerna baris demi baris bahasa php (dan sejenisnya) yang -sebenarnya- kurang saya sukai. hoho.. meski saya belajar ngeblog, dan kuliah di teknik informatika yang juga diajari tentang bahasa-bahasa untuk web, tapi sejak dulu saya tidak terlalu suka dan tidak mengerti bahasa untuk web atau blog ini  :p
Akhirnya, di materi ini saya malah lebih banyak melamun dari pada memperhatikan mas zul. (maaf ya mas ^^)

Tapi saya ingat mas zul mengatakan,
"Design is not just it look like and feel.
Design is how it works" (Steve Jobs)

Bukan mas zul saja yang membuat saya berkeringat pagi itu. Ternyata mas frenavit "sang satpam" juga membuat saya mengerahkan sebagian besar kemampuan saya untuk berfikir dan mencerna. Pemateri yang satu ini menjelaskan tentang Security blog. Jadi itu artinya dia mengajarkan ilmu untuk melindungi blog dari "maling" dan sekaligus -sebenarnya- memberi tahu bagaimana caranya menjadi hacker. :p
Sssttt, ide jahat sempat muncul di benak saya, untuk mencoba mempraktikkan ilmu maling tersebut. Semoga bapak satpam yang satu ini tidak membaca tulisan saya ini. (rahasia loh!) Saya takut malah kena getahnya, dihack balik sama dia. eeh... yang baca ini -juga- tolong jangan coba-coba hack blog saya yaa! Toh blog saya kan bukan blog yang pantas dihack. Jadi percuma nge-hack. Mending cari mangsa yang lain sajaaa.. (tolong kasihani sayaaaa T_T )

Saat jam makan siang, panitia lagi-lagi menyuguhkan hiburan untuk menemani makan. Kali ini penampilan dari grup musik Patrol Jabal Nur Gunung Anyar Surabaya yang menemani peserta menghabiskan sesuap demi sesuap nasi yang lezat.



gemes sama adek kecilnya. masih kecil sudah pada jago *kagum*

Setelah pak satpam, selanjutnya giliran pak gempur naik ke atas panggung. Beliau menjelaskan tentang SEO (Search Engine Optimization). Isinya tentang bagaimana membuat membuat blog kita menjadi salah satu daftar teratas di pencarian. Hikss... tapi saya belum berhasil membuat blog jelek ini menempus sekian banyak blog untuk masuk di daftar teratas mesin pencari. :((


Tak terasa, ternyata itulah materi terakhir pada roadblog di surabaya ini. Oyaa, jadi acara blogilicious ini diadakan gak cuma di surabaya. Tapi juga di beberapa kota lain di Indonesia. Ada di Makassar, Bandung, Palembang, Medan, Jakarta, Jogja juga kok. Jadi tenang saja. Kalian yang ada di enam kota itu juga bisa mendapat ilmu-ilmu membuat resep blog yang lezat :)

Blogilicious De Surabaya sudah berakhir. Benar-benar lezat! 2 hari saya dibekali resep agar bisa membuat blog terasa lezat. Tinggal bagaimana cara kita menerima resep tersebut. Apakah kita mau membuat makanan yang lezat sesuai dengan anjuran koki blog, atau akan meremas-remas dan membuangnya ke tempat sampah, dan membiarkan adonan blog menjadi rusak..


Namun alangkah sayangnya jika makanan yang seharusnya bisa dinikmati diri sendiri dan banyak orang, ternyata malah dibiarkan sia-sia dan membusuk. Saya yang doyan makan tentu saja tidak akan membiarkan makanan jadi mubadzir, karena itu saya memilih mengikuti ajaran koki yang sudah profesional agar menghasilkan blog yang nikmat. Meski hasilnya belum bisa seperti para master chef. Semoga kue yang saya bikin bisa dinikmati banyak orang, dan hape Samsung masuk kantong saya. Sambil masak, sambil menggemukkan badan :))

Terima kasih buat IBN yang sudah mengadakan blogilicious di surabaya dan panitia yang memberikan undangan pada plat-m. Senang sekali bisa bergabung di event yang luar biasa seperti ini...



Rasanya kurang puas kalau belum narsis bersama. Yaak.. inilah para punggawa plat-m yang menggebrak panggung Blogilicious De Surabaya. Eksis laah... ^^



You Might Also Like

8 comments

  1. Foto-fotonya pas-pasan banget ya?

    BalasHapus
  2. alhamdulillah
    akhirnya nulis juga :D :P

    BalasHapus
  3. Blognya enak ya? yang enak itu ikan asin hari pertama :p

    Itu penyanyinya cantik loh.. mau minta nomer tlp tapi.... ngngngng :/

    BalasHapus
  4. .:bang rotyyu
    hahaa..iyya bang :p
    gapapalah, yang penting ada. jadi gag hoax ^^

    .:fazza
    hehehee... makasih makasih.
    berkat suntikan semangat mu :)

    .:mas bair
    hahahaa...ngomong2 ikan, hari pertama, aku makan siang tanpa lauk :(
    yaa, aku sempet kenalan loh sama mbaknyaa *kedip kedip*

    BalasHapus
  5. Keren tulisannya, tapi harus belajar desain dan IMK lagi ini, kok warna postingannya pink? kok gak merah aja sekalian :P

    BalasHapus
  6. .:wahyu alam
    hehehee...
    IMK ku dulu dapet bagus loh bun :)

    BalasHapus
  7. Loh Fotoku ndak ono yo...

    BalasHapus
  8. huwaa...ada pak satpam nongol disini.
    ampuunnn paakkk!

    BalasHapus