Kamis, 06 Januari 2011

Mengontrol Emosi

Mungkin sebagian besar orang menganggap emosi itu negatif. Karena kebanyakan menganggap emosi itu identik dengan sesuatu yang tidak baik, misalkan marah, ngambek, dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya emosi sendiri gag selalu buruk atau negatif. Emosi sendiri sebenarnya adalah rasa atau perasaan. Tinggal bagaimana nantinya emosi itu akan dikelola. :)

"Tak ada yang salah dengan emosi. Yang salah adalah bagaimana tindakan selanjutnya."

Contohnya, ketika saya merasa iri dengan kesuksesan seorang teman. Iri itulah yang disebut dengan emosi. Sekarang tindakan apa yang akan dilakukan dari perasaan iri tersebut!?? Kalau seandainya dengan itu akhirnya malah memacu semangat dan usaha untuk mengikuti kesuksesan si teman, apa itu bisa dibilang
sesuatu yang negatif??? yaah, kecuali kalau ternyata malah membuat berbuat buruk, (misal, menjegal, memfitnah) baru itu bisa dikatakan negatif. Dan saya rasa pembaca juga setuju kan?? :p

Kecerdasan Emosi atau Emotional Quotation (EQ) sendiri setidaknya (menurut seorang ahli) ada 5 kategori:
1. Self awarenes 
2. Personal Motivation 
3. Self Regulation 
4. Empathy
5. Social Skills

Nah, saat ini sudah sejauh mana kecerdasan emosi anda???

Mengontrol emosi memang bukan hal yang mudah. Sering kali merasa stres atau tertekan adalah salah satu contoh bahwa kita masih belum bisa mengontrol emosi dengan baik. Alangkah baiknya memang kalau kita bisa mengontrol suasana hati dan menciptakan mood yang baik. Karna suasana hati dan mood yang baik
mampu membuat kita berpikir dan melakukan pekerjaan dengan baik.

Seorang pegawai biasanya mampu mengerjakan 70% dari pekerjaannya dengan baik. Dan akan bisa memperbanyak pekerjaannya sebanyak 50% apabila dia mau. APABILA DIA MAU!
Disinilah, mood dan suasana hati itu diperlukan!
Untuk melakukan suatu pekerjaan lebih dari yang biasa kerjakan sendiri paling tidak ada suatu alasan yang membuatnya mau melakukan hal tersebut. Misalkan, uang lembur! uang yang kemudian menjadi "penyemangatnya" untuk melakukan pekerjaan itu.
Bisa dibayangkan, apabila pegawai tersebut sudah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, bahkan melebihi kebiasaannya namun tak ada apresiasi atau reward dari hasil yang dia kerjakan, selanjutnya dia akan malas. karena berpikir tak ada gunanya.

Banyak orang yang tidak bisa mengontrol emosi nya sendiri akhirnya malah berbuat hal yang tidak baik. Berbuat kejahatan, mencelakai orang, bahkan Bunuh Diri!!!
selain itu, keadaan sekitar juga harus kita perhatikan. Jangan sampai kita menjadi orang yang tidak peduli sekeliling.
Mengingat dan memikirkan hal-hal yang menyenangkan mungkin  akan membantu anda membuat senang suadan hati dan terciptanya mood yang baik :)
Tak perlu mengingat dan memikirkan hal yang tidak menyenangkan yang hanya akan mengganggu kesenangan hidup!
Ada penyakit, ada obat! Begitupun setiap masalah pasti ada solusinya! Jalan keluar itulah yang perlu dipikirkan dan dicari.

Jadi, nikmati hidup anda!
Seperti cuplikan dalam sebuah film, "Kalo Lo cinta sama hidup Lo, Lo gag bakalan punya waktu buat mikirin kematian".
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments:

Poskan Komentar