Berbagi dengan SembakoRamadhan

17.51

Bulan Ramadhan emang bulannya kebajikan. Ladang amal, ladang pahala. Siapa yang nanem jagung, dia yang metik anggur *eh salah

Di tengah siang menjelang sore, dengan mengendarai motor --rasanya sudah hampir 1 abad tak pernah lagi aku bepergian dengan motor (yang kali ini hanya bisa duduk manis di boncengan, tanpa bisa menggandeng mesra setang motor) -damn! sungguh aku kangen berkeliling pake motor!- -- seorang teman menggiring ku ke Ciputat.

Bukan tanpa tujuan, juga bukan berniat nge-mall seperti biasanya. Sungguh berbeda hari itu.
Berniat turut serta untuk membagikan sembako ke orang-orang yang membutuhkan. Dan.. tiba disitulah saya hari itu. Sabtu 20 Juli 2013 di Kampung Pemulung Gang Mawar Jl. Ir. H Juanda Ciputat Tangerang Selatan.

[halah...ini kenapa bahasa tulisan diriku jadi begini? -___- oke! kembali ke jalan yang benar] *otak agak konslet*

Kampung Pemulung (foto by @sosronegoro twitter)

Sembako Ramadhan. Bentuk bantuan berupa 5 liter beras, 1/2 kg gula pasir, 1/2 liter minyak goreng dan 1 bungkus teh. Dana nya dari mana? Dari donatur perokok!
Ide awalnya datang dari Sekar Sosronegoro. Karena selama bulan ramadhan, uang yang biasa dialokasikan oleh para perokok untuk beli rokok, tidak sebanyak bulan-bulan biasanya. Lebih irit! Maka dari itu kemudian sisa uang yang biasa dialokasikan untuk beli rokok itu, mending disumbangkan untuk orang yang membutuhkan. Idenya keren yaa! :))

saat pembagian sembako ramadhan

Tapi kalau namanya nyumbang mah, bukan perokok aja yang bisa menyumbang. Semua orang juga diperkenankan menyumbang. Cumpah! Ciyus deh! ^^
Tinggal transfer aja ke:
(BCA) 2731823385 a/n Sekar Pandan Wangi
(Mandiri) 1170006014948 a/n Sekar Pandan Wangi

Program yang sudah berjalan sejak tahun 3 tahun lalu ini tak cuma berjalan di Jakarta. Tahun 2013 ini selain di Jakarta, juga ada di Surabaya, Bandung, dan Jogja. Kalau mau men-donasi-kan uang rokok kamu, masih bisa kok sampe tanggal 31 Juli 2013 nanti.

pembagian sembako ramadhan diliput oleh media juga loh :3
Waktu itu, sempet ngobrol sama 2 orang pengajar sukarela yang biasa mendatangi kampung itu untuk mengajar anak-anak di sekitar kampung pemulung. Mengajar mengaji, menghitung, atau apa saja. 2 orang mahasiswi UIN Syarif Hidatullah Ciputat itu jugalah yang membantu para volunteer @SembakoRamadhan untuk proses pendataan dan distribusi sembako ramadhan ke para pemulung di kampung itu.

Pembagian sumbangan dimulai sekitar pukul 15.30. Meski sore itu hujan turun, tapi tetap tak menyurutkan niat para volunteer itu untuk tetap membagikan sumbangan. Mereka yang berhak menerima sumbangan, yang sudah terdata dan sebelumnya mendapatkan kupon untuk pengambilan, pun rela berdatangan meski hujan. Melindungi diri dengan payung seadanya.

bareng volunteer-volunteer keren (foto by @eufselvani)
Orang-orang luar biasa dari @SembakoRamadhan itu adalah: @sosronegoro @theonlykika @eufselvani @bepbub @rusabawean @christiaan1906.
Mudah-mudahan bantuan yang diberikan bermaanfaat untuk semuanya. Penerima dan Pemberi :)))

You Might Also Like

2 comments

  1. gan saya setuju banget dalam pribahasa lebih baik tangan kita di atas di banding kan di bawah
    tunjukan kepada pejabat yg tidak bertanggung jawab bahwa kita rakyat kecil pun mampu memberi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa lebih baik lagi dari ini :)

      Hapus